Penghargaan Karya Terbaik Studio Perencanaan Tata Ruang 2015

Presentasi finalis tim mahasiswa dalam acara Penghargaan Karya Terbaik Studio Perencanaan Tata Ruang, side event acara Seminar dan Kongres VIII ASPI. Denpasar, 15 Oktober 2015

KEGIATAN

ASPI bekerjasama dengan Kementerian Agraria dan Tata Ruang – ATR, serta Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia – IAP telah menyelenggarakan kegiatan Penghargaan Karya Terbaik Studio Perencanaan Mahasiswa Sekolah Perencanaan di Indonesia.

Telah terkumpul 49 karya studio perencanaan dari mahasiswa 19 sekolah perencanaan. Peserta Kategori I Perencanaan Umum sebanyak 19 peserta, dan peserta penghargaan kategori II Perencanaan Kawasan sebanyak 30 peserta.

Proses penjurian dilakukan dalam dua tahap seleksi yaitu:

  • Seleksi tahap I: Penilaian berdasar informasi presentasi dari Poster (file pdf).
  • Seleksi tahap II (Final): Presentasi perwakilan tim, dan menampilkan laporan karya lengkap. 6 Tim Finalis (3 tim untuk masing-masing kategori) telah diundang untuk melakukan presentasi karya pada acara final penjurian di Bali tanggal 15 Oktober 2015.

Berdasarkan hasil penilaian dari Dewan Juri dari ASPI, IAP, dan Kementerian ATR, bersama ini ditentukan telah ditentukan pemenang Karya Terbaik Studio Perencanaan Tata Ruang tahun 2015 untuk Kategori I Rencana Umum dan Kategori II Rencana Kawasan sebagai berikut:

Kategori 1: Rencana Umum (RTRW/RDTR Kota, Kabupaten, atau Provinsi)
Pemenang Judul Karya Ketua Tim Asal Program Studi

1

RDTR Kota Pati Agro Industri 2034 Achbar Andhyka Putra S1 PWK UGM
2 Penyusunan Rencana Detail Tata Ruang Kota Tasikmalaya 2015-2031 Rizki Fadhilah S1 PWK ITB

3

Pengembangan Kecamatan Kedu dan Parakan dengan konsep Competitive Small Industrial City Dapot Adri S1 PWK UNDIP
Kategori 2: Perencanaan pada skala Kawasan (Urban Design)
Pemenang Judul Karya Ketua Tim Asal Program Studi

1

Cipondoh’S New Urban-HUB (Green, Vibrant, Integrated) Natalia Dahlan S1 PWK UNTAR

2

Rencana Pengembangan Kawasan Kembang Jepun Menggunakan Konsep HBD (Heritage Business District) Endy Hernowo S1 PWK ITS

3

Perencanaan Catus Patha Kawasan Permukiman Desa Lembongan Gede Surya Puri Adnyana S1 PWK UNHI

Keenam tim Pemenang Penghargaan juga telah diundang pada perayaan Hari Tata Ruang Nasional di Jakarta dan mendapat penghargaan dan hadiah dari Kementerian Agraria dan Tata Ruang. Pada even ini juga hasil-hasil karya studio ini juga telah ditampilkan dalam sesi Pameran Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional – HANTARU pada tanggal 5- 8 November 2015 di Senayan, Jakarta

LATAR BELAKANG

Studio Perencanaan, telah disepakati sebagai salah satu ‘inti’ dalam kurikulum sekolah perencanaan di Indonesia. Melalui Studio Perencanaan, mahasiswa dilatih secara langsung untuk melakukan proses perencanaan, umumnya dengan kasus-kasus nyata, agar mereka mempunyai kompetensi pokok yakni dapat menyusun satu rencana, baik pada tingkatan makro (RTRW/RDTR) dan juga meso (perencanaan kawasan, Urban Design). Studio Perencanaan, dengan demikian, mempunyai posisi yang sangat penting dalam seluruh proses pendidikan perencanaan – kualitas lulusan sekolah perencanaan, yang kelak akan menjadi perencana profesional, akan sangat ditentukan oleh kuaalitas Studio Perencanaan.

Dengan anggota ASPI sebesar 52 sekolahan, dimana masing masing sekolah selalu menyelenggarakan Studio Perencanaan di setiap semesternya, dapat dihitung begitu besarnya jumlah dan ragam karya-karya perencanaan yang dihasilkan oleh mahasiswa. Selama ini, begitu banyak karya-karya tersebut yang tersimpan begitu saja, terutama setelah penilaiannya selesai dilakukan. Tentulah hal itu sesuatu yang sangat disayangkan, karena dalam karya-karya tersebut, terkandung ide-ide mahasiswa yang luar biasa, yang perlu didokumentasikan dan disebarluaskan pada khalayak luas.

Di sisi lain, oleh karena berbagai hal, antara lain kualitas perencana, aturan yang terlalu ketat dan rinci, atau keterbatasan waktu dan dana, proses-proses perencanaan yang sesungguhnya di berbagai tempat di Indonesia, tidak selalu menghasilkan rencana-rencana yang berkualitas, berbobot, dan mengandung ide-ide yang kreatif dan inovatif. Penampilan dan penghargaan hasil studi perencanaan dari mahasiswa perencanaan wilayah dan kota, akan mendorong munculnya karya-karya perencanaan yang kreatif dan inovatif dari Sekolah Perencanaan di suluruh Indonesia. Hasil studio yang mendapat penghargaan yang akan diadakan secara berkala ini, dapat menjadi benchmark bagi kualitas perencanaan tata ruang di Indonesia.

Kegiatan Penghargaan Karya Terbaik Studio Perencanaan Tata Ruang 2015 ini diselenggarakan juga sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Hari Agraria dan Tata Ruang Nasional (HANTARU) tahun 2015.

TUJUAN PENGHARGAAN

Penghargaan Karya Terbaik Studio Perencanaan Tata Ruang 2015, diadakan dengan tujuan:

  • Memicu dan menghargai ide-ide kreatif dan inovatif mahasiswa sekolah perencanaan di seluruh Indonesia;
  • Menjadi benchmark atau standard mutu pendidikan perencanaan di Indonesia, khususnya dari segi kualitas penyusunan rencana; dan
  • Menampilkan dan menyebarkan karya-karya terbaik studio mahasiswa perencanaan dari seluruh sekolah perencanaan di Indonesia.

FOTO KEGIATAN:

Paparan peserta finalis Penghargaan Hasil Karya Terbaik Studio Perencanaan Tata Ruang, Kategori Rencana kawasan. Denpasar, 15 Oktober 2015.

 

Tim Mahasiswa Pemenang Penghargaan Karya Terbaik Studio Perencanaan Tata Ruang, tema Rencana Umum Tata Ruang. Denpasar, 16 Oktober 2015.

 

Tim Mahasiswa Pemenang Penghargaan Karya Terbaik Studio Perencanaan Tata Ruang, tema Rencana Kawasan. Denpasar, 16 Oktober 2015.