Workshop 3 ASPI: Kerjasama dan Kompetensi KKNI. PWK UIR Pekanbaru, 17 Oktober 2014.

Workshop 3 ASPI dengan tema “Kerjasama dan Kompetensi Lulusan ASPI” telah dilaksanakan di Pekanbaru 17 Oktober 2014. Dihadiri 26 perwakilan sekolah anggota ASPI.

Pada tanggal 17-18 Oktober 2014 ASPI telah mengadakan Pertemuan Tahunan dan Seminar Nasional 2014 sebagai event tahunan yang rutin dilakukan ASPI. Kedua rangkaian acara ini dilaksanakan di Kota Pekanbaru, Riau dengan tuan rumah teman-teman dari PWK Universitas Islam Riau. Acara Worksho dan Seminar ini telah berlangsung dengan sangat baik, meriah, dan bermanfaat. Rangkaian acara ini terselenggara sebagai kerjasama antara ASPI, PWK UIR, Kementerian PU, serta Pemerintah Kota Pekanbaru.

Kegiatan Workshop 3 ASPI (17 Oktober 2014) dihadiri juga perwakilan Asian Planning School Association – APSA, yaitu Vice President APSA 2013-2015 Prof Syed Zainol Abidin Idid, dan Chairman 13th APSA Congress 2015 Prof Ahmad Nazri Muhamad Ludin.

Kegiatan Workshop 3 ASPI (17 Oktober 2014) dihadiri juga perwakilan Asian Planning School Association – APSA, yaitu Vice President APSA 2013-2015 Prof Syed Zainol Abidin Idid, dan Chairman 13th APSA Congress 2015 Prof Ahmad Nazri Muhamad Ludin.

 Rangkaian pertama acara Pertemuan Tahunan ASPI dilaksanakan pada hari Jumat sore-malam tanggal 17 Oktober 2014, berupa kegiatan Workshop (seri ke 3) ASPI: “Kerjasama dan Kompetensi Lulusan Sekolah ASPI”, diikuti tidak kurang dari 38 peserta dari 26 sekolah perencanaan anggota ASPI. Pada acara workshop ini juga dihadiri 2 representasi dari APSA yaitu Vice President APSA 2013-2015 Prof Syed Zainol Abidin Idid, dan Chairman 13th APSA Congress 2015  Prof Ahmad Nazri Muhamad Ludin.
Terkait dengan sesi APSA, dilakukan sosialisasi mengenai keanggotaan APSA, dan acara kongres ke 13 serta konferensi APSA di UTM Malaysia pada tanggal 12-14 Agustus 2015 tahun depan. Dari hasil pembicaraan sesi ini diharapkan sekolah perencanaan anggota ASPI dapat mengajukan menjadi anggota APSA, serta mendorong dosen/mahasiswa untuk mengikuti acara kongres APSA 2015 mendatang. Penjelasan mengenai APSA dan form pendaftaran anggota dapat diunduh pada link dibawah.
Hal kedua yang dibahas dalam Workshop 3 ASPI adalah mengenai penyusunan KKNI sekolah perencanaan. Sesuai dengan amanat Perpres 8/2012 mengenai KKNI, maka sekolah perencanaan perlu merumuskan profil dan capaian pembelajaran, untuk merancang kurikulum pendidikan. Pada Workshop telah disampaikan materi mengenai Perpres KKNI oleh Pak Iman Buchori, serta contoh implementasi pada Prodi PWK Untar dan Itenas oleh Bu Hedy dan Bu Widya. Informasi dan file mengenai KKNI ini dapat dilihat pada link berikut:

Pada saat diskusi telah disepakati, agar masing-masing sekolah perencanaan anggota ASPI (khususnya program studi S1) dapat menyusun profil dan capaian pembelajaran masing-masing, yang selanjutnya nanti dibawa untuk dibahas bersama dalam Workshop 4 ASPI di PWK UEU Jakarta pada sekitar bulan Januari 2015 mendatang. Beberapa form dan dokumen contoh dapat dilihat pada direktori ITENAS. Akan juga lebih baik bila masing-masing sekolah perencanaan juga mulai mencoba membuat SUPLEMEN DOKUMEN pendamping ijazah lulusan (ada contoh dari Binus). Dengan demikian diharapkan pada diskusi ASPI mendatang dapat ditemukan kesamaan profil dan capaian pembelajaran yang akan kita usulkan sebagai ciri sekolah ASPI.

(admin ASPI)