14-17 Oktober 2015 – Seminar Nasional dan Kongres ASPI VIII

Peserta Kongres VIII ASPI di Denpasar Bali, 16 Oktober 2015.

Denpasar – Bali, 14 – 17 Oktober 2015.

Pada tanggal 14-17 Oktober 2105, ASPI yang bekerja sama dengan Kementerian ATR, IAP, dan Program Studi PWK Universitas Hindu Indonesia melaksanakan rangkaian kegiatan Seminar Nasional Penataan Ruang dan Kongres VIII di Denpasar Bali. Bukan tanpa alasan ASPI memilih Bali sebagai tempat dberlangsungnya rangkaian kegiatan ini. Bali dianggap sebagai salah satu wilayah yang telah berhasil mengimplementasikan kearifan lokal dan budaya dalam penataan ruang dan pembangunan yang berkelanjutan. Berbagai pengalaman pembangunan dan penataan ruang didiskusikan dalam kegiatan ini dengan harapan dapat memberikan inspirasi untuk kalangan praktisi perencanaan yang hadir terkait tata kelola dalam perencanaan tata ruang.

Rangkaian kegiatan ini diawali dengan pertemuan dengan anggota executive GPEAN tanggal 14 Oktober 2015. Acara ini dihadiri oleh 6 dari 9 representatif anggota GPEAN yang diundang. Kemudian pada tanggal 15 November 2015 dimulai Seminar Nasional Penataan Ruang dan SPACE #2 “Memastikan Penataan Ruang untuk Pembangunan yang Berkelanjutan: Kearifan Lokal dan Budaya Dunia dalam Penataan Ruang”. Seminar ini menampilkan pembicara utama dari Kementerian ATR, IAP, ASPI, GPEAN, dan Badan Pelestarian Budaya Indonesia. Sebanyak 54 makalah yang dipresentasikan, dan dihadiri lebih kurang 150 peserta dari anggota ASPI, IAP, Kementerian, Pemda, Perguruan Tinggi, serta pihak terkait lainnya di Bali. Pada salah satu sesi paralel juga diadakan FGD yang membahas Peran Masyarakat dalam Penataan Ruang.

Kegiatan selanjutnya adalah Penjurian Karya Studio Penataan Ruang. Acara ini menampilkan presentasi 6 finalis terbaik dari 2 kategori karya. Dari presentasi tersebut kemudian ditentukan pemenang-pemenang Karya Studio Penataan Ruang. Seluruh poster lomba juga ditampilkan sepanjang acara kegiatan ini sebagai bahan pembelajaran dan perbandingan kalangan akademisi yang hadir.
Kongres VIII ASPI yang merupakan acara puncak dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 16 Oktober 2015. Kongres VIII ASPI ini dihadiri oleh 65 peserta yang mewakili 39 Sekolah Perencanaan anggota ASPI. Telah terpilih Bapak Tubagus Furqon Sofhani, MA., PhD. dari PWK ITB sebagai Ketua ASPI periode Kepengurusan 2015 -2017 menggantikan Prof. Ir. Bakti Setiawan, MA, Ph.D yang pada periode Kepengurusan 2013-2015 menjadi Ketua ASPI. Pada Kongres ini juga telah diterima 5 anggota ASPI yang baru diantaranya S1 Perencanaan Wilayah & Kota Universitas Indo Global Mandiri Palembang, S1 Perencanaan Wilayah & Kota Institut Teknologi Kalimantan, S1 Perencanaan Wilayah & Kota Universitas Muhammadiah Mataram, S2 Perencanaan Pembangunan Wilayah dan Pengelolaan Lingkungan, Universitas Mahasaraswati Denpasar, dan S2 Perencanaan dan Pengelolaan Pembangunan Desa dan Kota, Universitas Udayana Denpasar. Selain itu pada Kongres tersebut juga ditetapkan amanat kongres sebagai acuan program kerja pengurus ASPI yang baru. Rangkaian acara ini kemudian ditutup dengan kunjungan lapangan ke desa adat Tenganan, Karang Asem, Bali yang dilakukan beberapa peserta seminar dan Kongres ASPI yang diadakan pada hari Sabtu 17 Oktober 2015.

Akhirnya dengan beberapa inovasi dan praktek perencanaan yang disajikan dalam rangkaian acara ini diharapkan dapat membangkitkan dan menularkan semangat para perencana dan akademisi di Indonesia bahwa masih banyak cara untuk mencapai pembangunan dengan penataan ruang yang lebih baik. Tantangan, tuntutan dan perubahan paradigma diharapkan dapat mulai diadaptasi oleh para perencana wilayah dan kota di Indonesia, sehingga masyarakat dapat hidup dengan nyaman dan aman di dalamnya. Hal ini tentu membutuhkan dukungan dari pemerintah untuk meningkatkan kinerja tata kelola pembangunan dan penataan ruang tersebut.

Foto-foto kegiatan:

Ibu-ibu peserta Seminar dan Kongres VIII ASPI di Program Studi PWK Universitas Hindu – Denpasar 15 Oktober 2015.

Peserta Bapak-bapak dalam acara Seminar dan Kongres VIII ASPI. Program Studi PWK Universitas Hindu Indonesia –  Denpasar, 15 Oktober 2015.

Kunjungan lapangan ke desa adat Tenganan, Karang Asem, Bali. Desa Tenganan – Bali, 17 Oktober 2015.

Prof Christopher Silver, dalam pertemuan dengan GPEAN, side event dari acara ASPI di Bali. Denpasar, 14 Oktober 2015.

Peserta GPEAN dalam acara Pembukaan Seminar ASPI. Program Studi PWK Universitas Hindu Indonesia – Denpasar, 15 Oktober 2015.

Presentasi finalis tim mahasiswa dalam acara Penghargaan Karya Terbaik Studio Perencanaan Tata Ruang, side event acara Seminar dan Kongres VIII ASPI. Denpasar, 15 Oktober 2015.

Tim Mahasiswa finalis Penghargaan Karya Terbaik Studio Perencanaan Tata Ruang, tema Rencana Kawasan. Denpasar, 16 Oktober 2015.

Tim Mahasiswa finalis Penghargaan Karya Terbaik Studio Perencanaan Tata Ruang, tema Rencana Umum Tata Ruang. Denpasar, 16 Oktober 2015.