29-30 Januari 2020 – Workshop ASPI: Sosialisasi Akreditasi IAPS 4.0 dan Program Kerja ASPI 2020-2021

29-30 Januari 2020, PWK ITS Surabaya

Peserta Workshop Sosialisasi Akreditasi IAPS 4.0 program kerja ASPI 2020-2021. Kampus ITS Surabaya, 29-30 Januari 2020
Peserta Workshop Sosialisasi Akreditasi IAPS 4.0 program kerja ASPI 2020-2021. Kampus ITS Surabaya, 29-30 Januari 2020

ASPI bekerjasama dengan Program Studi PWK ITS Surabaya menyelenggarakan Workshop dalam rangka Sosialisasi Akreditasi IAPS 4.0, dan pembahasan program kerja ASPI 2020-2021 pada tanggal 29-30 Januari 2020 di Kampus ITS Surabaya.

Kegiatan Workshop dilakukan selama dua hari dengan agenda sosialisasi dan berbagi pengalaman akreditasi program studi dengan IAPS 4.0 pada hari pertama, dan pembahasan program kerja ASPI 2020-2021 pada hari kedua tanggal 30 Januari 2020. Kegiatan Workshop diikuti oleh 53 peserta perwakilan dari 35 anggota program studi sekolah perencanaan dan pengurus ASPI.

Workshop dan Sosialisasi Akreditasi IAPS 4.0

Pertemuan ASPI terkait workshop akreditasi ini awalnya dilatarbelakangi kebutuhan Prodi anggota ASPI yang sedang melakukan reakreditasi BAN-PT, khususnya terkait sistem IAPS 4.0 yang memberlakukan 9 kriteria.

Narasumber Prof. Imam Buchori dari Majelis Akreditasi BAN PT menyampaikan sosialisasi kebijakan BAN PT terkait akreditasi Program Studi Perguruan Tinggi.

Kegiatan Workshop Akreditasi telah membahas Instrumen Akreditasi Prodi IAPS 4.0, serta Permendikbud no. 5/2020 tentang mekanisme akreditasi program studi yang baru. Kegiatan dimulai dengan sesi pembukaan, penyampaian materi dari Nara Sumber, serta Sharing Session Anggota ASPI terkait proses reakreditasi. Acara dibuka oleh Kadep PWK ITS, Cahyono Susetyo, ST, M.Sc, Ph.D, dan Ketua ASPI, Dr.sc.agr. Iwan Rudiarto, ST, M.Sc.

Kadep PWK ITS, Cahyono Susetyo, ST, M.Sc, Ph.D menyampaikan cinderamata kepada Ketua ASPI, Dr.sc.agr. Iwan Rudiarto, ST, M.Sc. pada acara Workshop ASPI “Sosialisasi IAPS 4.0 dan Program Kerja ASPI 2020-2021”. Kampus Prodi PWK ITS Surabaya, 29-30 Januari 2020.

Secara substansi Prof. Imam Buchori sebagai narasumber menjelaskan bahwa di BAN-PT terdapat dua organ yaitu Majelis Akreditasi dan Dewan Eksekutif. Dewan Eksekutif bertanggungjawab untuk melaksanakan akreditasi PT, sedangkan Majelis Akreditasi menetapkan kebijakan akreditasi PT dan PS, serta memonitoring kinerja Dewan Eksekutif dan Lembaga Akreditasi Mandiri.

Permendikbud 5/2020 yang baru diundangkan tanggal 28 Januari 2020 (tepat sehari sebelum workshop ASPI) memberikan diskusi baru yaitu (1) memungkinkan perpanjangan akreditasi hingga 5 tahun ke depan meskipun Prodi tidak mengajukan reakreditasi, dan (2) apakah terminologi A sama dengan Unggul perlu didiskusikan ke Kementerian (meskipun persepsi publik sudah dianggap sama). Prinsipnya, bagi prodi yang telah terakreditasi A, otomatis diperpanjang peringkat A dan disarankan untuk fokus ke akreditasi internasional, karena bagi prodi yang sudah terakreditasi internasional otomatis terakreditasi Unggul oleh BAN-PT. Contohnya akreditasi IABEE dan ABED. Nanti jika sudah ada LAM, instrumen akan berbeda dengan BAN-PT saat ini. Namun bagi Prodi yang ingin meningkatkan peringkat dapat mengajukan reakreditasi. Peringkat akreditasi akan turun apabila dievaluasi oleh BAN-PT jika terjadi penurunan peminat selama 5 tahun berturut-turut berdasarkan PD Dikti.

Pada sharing session anggota ASPI yang sedang memproses reakreditasi berbagi pengalaman, diwakili oleh Prodi S1 PWK ITNY, Prodi S1 PWK ITENAS, dan Prodi S1 PWK ITS.

Prodi S1 PWK ITNY, Prodi S1 PWK ITENAS, dan Prodi S1 PWK ITS berbagi pengalaman dalam melakukan reakreditasi dengan IAPS 4.0.

Workshop Program Kerja ASPI 2020-2021

Kegiatan Workshop Program Kerja ASPI 2020-2021, Kampus PWK ITS Surabaya, 30 Januari 2020

Kegiatan Workshop Program Kerjasama ASPI dilakukan pada tanggal 30 Januari 2020 melakukan pembahasan program kerja yang telah dilakukan masing-masing wilayah ASPI, kerjasama dengan Kementerian ATR/BPN, serta Persiapan APSA 2021 dan Semnas ASPI 2020

Wilayah ASPIProgram dan Kegiatan
Sumatera 1Koordinasi Akreditasi Prodi, Workshop dan Seminar, Pelatihan GIS di USU
Sumatera 2Peningkatan kapasitas di bidang Perencanaan
Sulawesi, PapuaTerdapat universitas baru di Maluku, diusulkan Wilayah ASPI nanti dapat menjadi Sulawesi, Maluku, Papua; Terdapat kendala dalam mengadakan pertemuan Korwil, akan memanfaatkan forum WA
KalimantanWorkshop peningkatan kualitas mahasiswa; Seminar Nasional sebagai kegiatan Korwil
Bali, LombokKuliah Umum dan Seminar; Persiapan peninjauan tim APSA; membutuhkan Bimtek Akreditasi; Seminar Internasional di UNHI; rencana kerjasama dengan ATR/BPN Provinsi Bali agar mendapatkan support untuk kegiatan wilayah;
JabodetabekBerbagai kegiatan internal kampus diberi logo ASPI; Partisipasi ASPI dengan Pemkab Depok; Bimtek 4.0, workshop studio, jurnal, ekskursi bersama ke Singapore, Kuala Lumpur, dan Korea
Jawa BaratDiskusi dosen antar universitas di Jawa Barat; seminar studio; akreditasi
Jawa Tengah & DIYDivisi penguatan prodi dan penguatan kerjasama; peningkatan kerjasama dengan ATR; kegiatan lintas wilayah 5 tahun ke depan perwujudan mata kuliah pilihan; koordinasi wilayah, workshop kurikulum, workshop tematik, jurnal, kuliah lapangan, kerjasama profil program studi, dan perumusan buku tata ruang
Jawa TimurJoin research, kerjasama jurnal, kegiatan rutin kuliah tamu, studio bersama, kegiatan kerjasama dengan Bappenas terkait Perpres 80/2019 mengenai Geopark BTS (Bromo-Tengger-Semeru) diinisiasi oleh ITS dan Universitas Ma Chung dan melibatkan seluruh anggota Korwil Jatim