07 Desember 2020 – Seminar Nasional ASPI 2020

Daring, 07 Desember 2020

ASPI telah menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Penataan Ruang Inklusif di tengah Pandemi Covid-19” pada tanggal 7 Desember 2020 yang lalu. Kegiatan Seminar Nasional ini adalah acara tahunan ASPI yang juga merupakan rangkaian acara Pertemuan Tahunan ASPI yang diselenggarakan keesokan harinya pada tanggal 08 Desember 2020.

Kegiatan Seminar Nasional ASPI 2020 ini dilakukan bekerja sama dengan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Syiahkuala Banda Aceh sebagai panitia pelaksana, Pemerintah Provinsi Aceh, serta Kementerian ATR/BPN. Seminar Nasional ini menampilkan Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Kepala BPN Dr. Sofyan A. Djalil, S.H., M.A., M.ALD sebagai pembicara kunci, serta pembicara utama Gubernur Aceh, Ir. Nova Iriansyah, M.T; Prof. Dr. Walters T. de Vriess dari Technical University of Munich; serta Dr. Ashfa, S.T., M.T dari Universitas Syiah Kuala dan representasi Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia.

Menteri Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional, Dr. Sofyan A. Djalil, S.H., M.A., M.ALD, Pembicara Kunci pada Seminar Nasional ASPI 2020, 7 Desember 2020

Pada kesempatan Seminar Nasional ini secara khusus Menteri ATR/BPN Bapak Sofyan A. Djalil mengundang program studi anggota ASPI untuk mendukung kegiatan penataan ruang di Indonesia, khususnya dalam mempersiapkan Rencana Detil Tata Ruang Daerah. Beliau menyampaikan Program Studi anggota ASPI dapat memanfaatkan penyusunan RDTR di daerah sebagai media belajar dalam Kurikulum Merdeka Belajar di universitas yang telah dicanangkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, serta sebagai media praktek penelitian dan pengabdian bagi para dosen. Kolaborasi antara dunia praktek dan pendidikan ini diharapkan dapat mempercepat penataan ruang di Indonesia.

Seminar diikuti kurang lebih 775 peserta dengan menampilkan 72 judul paper dari 22 tema diskusi yang dibahas dalam 10 sesi paralel. Tema paper yang dibahas meliputi: Tata Ruang dan Ketahanan Wilayah dan Kota Dalam Merespon Pandemi dan Kebiasaan Baru; Mitigasi Bencana dan Infrastruktur; Restorasi Ruang Publik; Perencanaan Eduwisata untuk Masyarakat; Perencanaan dan Manajemen Lahan Perkotaan Inklusif; Pencegahan dan Peningkatan Kualitas Perumahan dan Permukiman Kumuh; Struktur Tata Ruang Perdesaan; Lahan Terjangkau dan Perumahan Layak Huni; Akses Infrastruktur dan Layanan Dasar Untukkelompok Marjinal ; Infrastruktur Perkotaan; Pemetaan/SIG; Regulasi Lahan, Peruntukan Guna Lahan, dan Pembiayaan Lahan Berbasis Keadilan Sosial; Perencanaan Dan Manajemen Lahan Perkotaan Inklusif, Jaminan Kepemilikan Lahan untuk Masyarakat; Perencanaan Partisipatif; Manajemen Kota Cerdas untuk Mewujudkan Keterlibatan Seluruh Stakeholders; Pencegahan Kekerasan dan Kriminalitas Di Ruang Publik; Pembangunan Berbasis Komunitas; Pengembangan Ketrampilan, Akses Terhadap Pendidikan dan Pelatihan; Pengembangan Ekonomi Pro Kelompok Miskin Dan Kelompok Marjinal Lainnya; Lokasi Ritel; Peningkatan Akses Spasial Terhadap Lokasi Tempat Kerja.

Semoga kegiatan Seminar Nasional ASPI 2020 dapat bermanfaat dan semakin mengembangkan peran Sekolah Perencanaan dan ASPI dalam dalam pengembangan ilmu perencanaan dan pembangunan Indonesia.

Ketua ASPI periode 2019-2021 Dr.sc.agr. Iwan Rudiarto, ST, M.Sc. menyampaikan sambutan pembukaan acara Seminar Nasional ASPI 2020, 07 Desember 2020
Ketua Panitia Seminar Nasional ASPI 2020 Dr. Ashfa, S.T., M.T dari Universitas Syiah Kuala sebagai salah satu Pembicara Utama Seminar Nasional ASPI 2020
Seminar Nasional ASPI 2020 menampilkan Prof. Dr. Walters T. de Vriess dari Technical University of Munich sebagai salah satu Pembicara Utama.
Sebagian peserta Seminar Nasional ASPI 2020, 07 Desember 2020