KEGIATAN

 

PROGRAM KERJA ASPI 2015 – 2017

(Pelaksanaan Amanat KONGRES VIII – 2015, dan hasil evaluasi kegiatan ASPI 2013-2015)

  • PEMANTAPAN DAN SOSIALISASI KOMPETENSI LULUSAN PENDIDIKAN PERENCANAAN
    • Pemantapan kompetensi kurikulum
      • Lanjutan workshop kurikulum dan kompetensi (termasuk pembedaan kompetensi praktisi dan akademisi S2 dan S3)
      • Workshop tema-tema actual (mitigasi bencana, perubahan iklim, pengembangan desa)
      • Antisipasi LAM dan Sekolah profesi perencanaan
    • Sosialisasi hasil kompetensi kepada anggota dan mitra ASPI
      • Mendorong perbaikan dan kepastian Nomenklatur Sekolah Perencanaan à bersurat dan Audiensi kepada Partner Dirjen Belmawa
      • Distribusi informasi melalui Website dan mailinglist
  • PENGUATAN INTERNAL
    • Mendorong perbaikan akreditasi institusi anggota ASPI secara nasional dan internasional
      • Workshop dan asistensi akreditasi Program Studi anggota ASPI (nasional + internasional)
    • Mendorong kerjasama antar Prodi dan pertukaran dosen dan mahasiswa antar prodi di lingkungan ASPI
      • Pemetaan kepakaran dan updating profil anggota ASPI
      • Exchange kuliah dan dosen
      • Kerjasama kegiatan kemahasiswaan antar prodi
    • Pengembangan materi perencanaan mencakup lingkup darat, laut, dan tapal batas
      • Workshop materi kurikulum perencanaan , termasuk materi-materi tematik penting (dapat didukung Dikti)
    • Mengembangkan media dan distribusi informasi ASPI ke seluruh wilayah di Indonesia
      • Updating WEB ASPI
      • Review dan updating Buku profil ASPI, dan direktori spesifikasi dosen di sekolah ASPI
    • Melaksanakan workshop tentang ilmu perencanaan hingga praktek perencanaan di tingkat S2 dan S3
      • Track di dalam Seminar ASPI/kerjasama partner ASPI
    • Meningkatkan pelaksanaan penghargaan studio perencanaan terkait lomba tematik dan lomba studio
      • Distribusi hasil penghargaan studio perencanaan 2015;
      • 2016: Penghargaan thesis S2 terbaik
      • 2017: Penghargaan Studio perencanaan
      • Kerjasama penghargaan dengan HANTARU Kementerian ATR dan partner lainnya
    • Pengembangan Jaringan jurnal ASPI, dan distribusi proceeding seminar-seminar ASPI
      • Workshop sharing penguatan jaringan jurnal ASPI
      • Distribusi informasi jurnal-jurnal anggota ASPI melalui web dan milist
      • Pertukaran reviewer jurnal
    • Keanggotaan ASPI
      • Evaluasi keanggotaan ASPI yang tidak aktif
      • Review usulan keanggotaan PWK UT
      • Review keanggotaan S2 UNUD
    • Kesekretariatan
      • Pelayanan informasi permintaan anggota
      • Penagihan iuran dan penyampaian sertifikat keanggotaan
      • Identitas kepengurusan (Kartu Nama pengurus)
  •  PENGUATAN EKSTERNAL
    • Meningkatkan kerjasama ASPI dengan IAP tentang kompetensi professional
    • Workshop kompetensi dan inisiasi pendidikan professional.
    • Merumuskan kerjasama antar ASPI dengan pihak ATR, PUPERA, BAPPENAS, DEPDAGRI, Transmigrasi dan Daerah Tertinggal.
      • Melanjutkan kerjasama ASPI – ATR à tindak lanjut Proposal April 2016
    • Meningkatkan kerjasama ASPI dengan IAP di setiap daerah.
      • Kerjasama Studio ASPI Wilayah – IAP Daerah – Pemda. (Pilot: Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Makassar, Riau) Konsep kegiatan dan surat ke wilayah.
    • Meningkatkan kerjasama dengan pihak swasta dan NGO
    • Meningkatkan kehadiran di forum-forum internasional (GPEAN, APSA, dll)
      • Mendorong dosen anggota ASPI berpartisipasi pada event GPEAN WPSC 2016
      • Mendorong anggota ASPI berpartisipasi pada APSA 2017 à Beijing Univ. Tsinghua.
      • Keterlibatan ASPI (Prof Bakti Setiawan) pada Executive Committee APSA
      • Berpartisipasi pada persiapan dan pelakasanaan HABITAT III Prepcom. Surabaya, Indonesia.
    • Pertemuan Tahunan dan Seminar Nasional 2016: Agustus 2016 Padang (Setelah 17 Agustus – minggu 3-4), tema menyusul
    • KONGRES IX ASPI 2017 di Lombok, MATARAM.