PENDIDIKAN PERENCANAAN

Pendidikan Perencanaan

KOMPETENSI LULUSAN SEKOLAH PERENCANAAN

Kompetensi lulusan sekolah perencanaan  memberikan ciri suatu sekolah dapat disebut sebagai Sekolah Perencanaan. Rumusan kompetensi lulusan Sekolah Perencanaan adalah merupakan hasil penyusunan dari beberapa seri pertemuan Workshop ASPI.

KOMPETENSI LULUSAN PENDIDIKAN S1 (PWK)

  • Mampu mengaplikasikan bidang keahliannya dan memanfaatkan IPTEKS pada bidangnya dalam penyelesaian masalah serta mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi.
  • Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  • Mampu mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data, dan mampu memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi secara mandiri dan kelompok.
  • Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

KEMAMPUAN KERJA

  • Mampu mengaplikasikan ilmu perencanaan wilayah dan kota dalam proses dan praktik perencanaan dengan pendekatan rasional komprehensif
  • Mampu memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses dan praktik perencanaan wilayah dan kota
  • Mampu menganalisis berdasarkan penalaran ilmiah dibidang perencanaan wilayah dan kota
  • Mampu memberikan alternatif solusi terhadap permasalahan wilayah dan kota

PENGUASAAN PENGETAHUAN

  • Menguasai konsep teoritis dan prosedur perencanaan wilayah dan kota
  • Menguasai konsep teoritis dan konsep perencanaan wilayah dan kota dengan mempertimbangkan keseimbangan aspek sosial, ekonomi dan lingkungan
  • Menguasai metode dan teknik perencanaan untuk memahami karakteristik wilayah dan kota sertamerumuskan solusinya

HAK/ KEWENANGAN DAN TANGGUNG JAWAB

  • Mampu menerapkan nilai-nilai keadilan dan kesetaraan dalam perencanaan, pemanfaatan dan pengendalian ruang
  • Bertanggungjawab pada pekerjaan secara mandiri dan mampu bekerja dalam kelompok, serta dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok.
  • Mampu berkomunikasi secara lisan, tertulis dan visual, taat pada norma dan etika yang berlaku, jujur dan bertanggung jawab, kreatif dan inovatif.
  • Mampu mengembangkan kepribadian dan keilmuan perencanaan wilayah dan kota secara mandiri atau kolektif,
  • Untuk meningkatkan kinerja individu maupun kelompok sesuai dengan lingkup tugas dan tanggung jawab

 

KOMPETENSI LULUSAN PENDIDIKAN S2 (PWK)

  • Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan dan memecahkan permasalahan pengetahuan dan teknologi di dalam bidang perencanaan dan / atau praktek profesionalnya, melalui riset dengan pendekatan inter disipliner, yang menghasilkan karya kreatif, inovatif, teruji, diterima, dan bermanfaat bagi keilmuandan masyarakat, serta mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional.

Pengembangan kurikulum (mengacu BSNP)

  • Kelompok Umum: (filsafat dan) metodologi penelitian, metoda analisis, thesis
  • Kelompok Utama: Sejarah-Isu perencanaan, Teori perencanaan; Proses-Metoda-Teknik perencanaan; Praktek perencanaan (studio, workshop)
  • Kelompok Khusus: lingkungan; spasial; infrastruktur; ekonomi; finansial; sosial; komunitas; institusi (komunikasi, regulasi), dll.