04 Agustus 2023 – Penutupan Program MSIB INSPIRING Batch IV

Pada tanggal 04 Agustus 2023 telah dilakukan penutupan secara resmi Program MSIB Batch IV-INSPIRING Tahun 2023 telah diselenggarakan Direktorat Jenderal Tata Ruang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional dari bulan Februari sampai Juni 2023. Kegiatan ini melibatkan 178 mahasiswa dari Program Studi PWK S1 anggota ASPI dari total keseluruhan 315 mahasiswa yang mengikuti program INSPIRING.  Kegiatan magang yang dilakukan mahasiswa PWK ini dilakukan untuk mendukung percepatan penyusunan sebanyak 91 RDTR pada 44 Kabupaten/Kota di 20 Provinsi.

Acara Pembukaan MSIB Batch IV INSPIRING dilakukan oleh Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN pada tanggal 20 Februari 2023.

Kegiatan MBKM INSPIRING ini merupakan bagian kerjasama ASPI dengan Kementerian ATR/BPN. Program magang INSPIRING sendiri bertujuan mewadahi mahasiswa untuk memperoleh pengalaman belajar yang nyata dan sekaligus menggerakkan para generasi muda tersebut untuk peduli pada tata ruang dengan terlibat dalam percepatan penyelesaian RDTR yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing wilayah yang berkontribusi dalam pertumbuhan perekonomian tingkat Nasional dan Daerah.

Kegiatan MBKM ini merupakan program Batch ke 4 yang telah dilakukan ASPI bersama Kementerian ATR/BPN, bersama beberapa program studi bidang ilmu terkait lainnya. Adapun kegiatan yang dilaksanakan selama kegiatan MSIB INSPIRING ini meliputi 1. Persiapan Penyusunan RDTR; 2. Pengumpulan Data dan Informasi dalam Penyusunan RDTR Kab/Kota; 3. Analisis Penyusunan RDTR; 4. Analisis Penyusunan Peta RDTR; 5. Penyusunan Konsep RDTR. Selama kegiatan magang mahasiswa tim Penyusun RDTR ditempatkan di Dinas OPD Pengampu Tata Ruang Kab/Kota dan dilibatkan dalam kegiatan percepatan penyusunan RDTR.

Kunjungan pemantauan dan evaluasi kegiatan MSIB Batch IV INSPIRING di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan.

Adapun kompetensi pembelajaran yang diharapkan didapatkan peserta magang selama mengikuti kegiatan magang INSPIRING meliputi antara lain: 1. Konsepsi RDTR; 2. Muatan dan Prosedur Penyusunan RDTR; 3. Analisis Penyusunan RDTR; 4. Peta RDTR dan Basis Data Peta RDTR; 5. Rencana Struktur Ruang; 6. Rencana Pola Ruang; 7. Ketentuan Pemanfaatan Ruang; 8. Peraturan Zonasi; 9. Geographic Information System (GIS); 10. Penyusunan Naskah Akademik dan Raperkada RDTR; 11. Problem Solving, Decision Making and Conflict Management; 12. Teamwork; 13. Etika dan Budaya Kerja; 14. Self Development; dan 15. Critical Thinking.

Mahasiswa peserta MSIB Batch IV INSPIRING di Kabupaten Bima bersama Pendamping daerah dan Tim Pemantauan Evaluasi dari Kementerian ATR/BPN dan ASPI.

Sebagai hasil kegiatan magang hingga program magang berakhir, sebanyak 76 dari 90 RDTR (84.4%) yang dibantu pengerjaannya oleh mahasiswa telah mencapai target yang ditentukan oleh Dinas OPD Pengampu Tata Ruang. Ketercapaian target dilihat dari target awal pada sebelum magang berjalan dan realisasi target pada akhir magang. Sedangkan 14 RDTR (15.6%) belum mencapai target magang karena data dan persyaratan yang belum lengkap serta durasi magang yang terbatas.

Kegiatan MSIB Batch IV INSPIRING di berbagai daerah penempatan kegiatan magang mahasiswa.

 

Sumber: Laporan Hasil Pelaksanaan Program MSIB Batch IV-INSPIRING Tahun 2023. Direktorat Jenderal Tata Ruang, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional.