14 September 2023 – Penghargaan Karya Studio Perencanaan Mahasiswa

Kampus ITK, Balikpapan, 14 September 2023

Dalam rangkaian kegiatan Kongres XII, ASPI menyelenggarakan Penghargaan Karya Studio Perencanaan Mahasiswa program studi S1 anggota ASPI. Tema yang diangkat dalam penghargaan karya studio perencanaan tahun 2023 ini adalah “Perencanaan Tata Ruang yang Inklusif, Sustainable, dan Resilence“, dengan 2 kategori penghargaan yaitu rencana umum dan rencana rinci kawasan/urban design.

Presentasi peserta penghargaan dari tim Mahasiswa pada penjurian kategori rencana umum. Kampus ITK Balikpapan, 14 September 2023

Penghargaan karya studio perencanaan mahasiswa ini ditujukan untuk memberikan apresiasi dan mendorong peningkatan kualitas perencanaan tata ruang yang berkelanjutan dalam karya studio perencanaan sekolah-sekolah perencanaan di Indonesia, dengan
sasaran mendorong kualitas karya studio mahasiswa sekolah perencanaan ASPI di Indonesia, serta menjadi pembanding bagi standar pelaksanaan dan kualitas hasil studio sekolah perencanaan di Indonesia.

Presentasi peserta penghargaan dari tim Mahasiswa pada penjurian kategori rencana umum. Kampus ITK Balikpapan, 14 September 2023

Penghargaan Karya studio perencanaan ini telah diikuti oleh 75 karya peserta tim studio mahasiswa S1 PWK anggota ASPI, yang terdiri dari 37 karya studio kategori rencana umum, dan 38 karya studio kategori rencana rinci kawasan. Penilaian karya ini dilakukan oleh juri dari Kementerian ATR/BPN, Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia (IAP), dan Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI). Penjurian dilakukan 2 tahap, dimana pada tahap pertama ditentukan 4 karya terbaik dari masing-masing kategori untuk mengikuti penjurian tahap final. Penjurian final dilakukan secara offline pada tanggal 14 September 2023 di Kampus Institut Teknologi Kalimantan, Balikpapan.

Pemenang Penghargaan Karya Terbaik Studio Perencanaan ASPI tahun 2023 adalah sebagai berikut:

A. KATEGORI 1 (RENCANA UMUM)

  1. JUARA 1 – Jaga Jagat Pacitan (tim studio mahasiswa S1 – PWK Universitas Gadjah Mada)
  2. JUARA 2 – Perencanaan Kawasan Industri Perikanan Pesisir Lekok-Nguling (tim studio mahasiswa S1 PWK – Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  3. JUARA 3– Kecamatan Curug yang Inklusif, Resilien, dan Berkelanjutan (tim studio mahasiswa S1 PWK – Institut Teknologi Bandung)
  4. JUARA HARAPAN – Zero Waste Integrated System Kabupaten OKU Timur (tim studio mahasiswa S1 PWK – Institut Teknologi Sumatera)

Pemenang Penghargaan Karya Terbaik Studio Perencanaan kategori Rencana Umum Tata Ruang. Balikpapan, 15 September 2023.

 

B. KATEGORI 2 (RENCANA RINCI)

  1. JUARA 1 – Eco Agriculture Tourism (tim studio mahasiswa S1 PWK – Universitas Diponegoro)
  2. JUARA 2 – RDTR Perkotaan Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar 2022-2042 (tim studio mahasiswa S1 PWK – Institut Teknologi Nasional Malang)
  3. JUARA 3 – Rencana Tata Bangunan dan Lingkungan (RTBL) Koridor Jalan Letjen Suprapto Balikpapan (tim studio mahasiswa S1 PWK – Institut Teknologi Kalimantan)
  4. JUARA HARAPAN – Madegondo Transit Resilient Settlement: Perencanaan Permukiman Desa Madegondo Kabupaten Sukoharjo Tahun 2024-2029 (tim studio mahasiswa S1 PWK – Universitas Sebelas Maret)

Prof. Bakti Setiawan bersama tim Pemenang Penghargaan Karya Terbaik Studio Perencanaan kategori Rencana Umum Tata Ruang. Balikpapan, 15 September 2023.

Pengumuman Pemenang Penghargaan Karya Studio Perencanaan dilakukan saat Seminar Nasional ASPI pada tanggal 15 September 2023.

Selamat kepada seluruh pemenang Penghargaan Karya Studio Perencanaan ASPI, semoga dapat semakin meningkatkan kualitas karya studio sekolah perencanaan di Indonesia.

Apresiasi juga disampaikan kepada Panitia Penghargaan Karya Studio dari PWK ITK, seluruh juri, serta berbagai pihak yang telah mendukung program ini khususnya dari Kementerian ATR/BPN, IAP dan ASPI.