November – Desember 2023 – Pemantauan Pelaksanaan Program MSIB INSPIRING Batch V 2023

Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI) bersama Direktorat Jendral Tata Ruang (DJTR), Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional berupaya untuk memenuhi peran dan fungsi pembinaan sumber daya manusia (SDM) melalui program Internship in Spatial Planning for Regional and National Growth (INSPIRING). Program INSPIRING sendiri merupakan bagian dari Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kemendikbudristek. Kegiatan MSIB INSPIRING sejauh ini merupakan program batch V yang telah memberikan banyak manfaat dalam kegiatan penataan ruang di daerah, serta pembelajaran Kampus Merdeka bagi mahasiswa program studi PWK anggota ASPI.

Pada bulan November – Desember 2023 ASPI dan DJTR  telah melaksanakan kegiatan Pemantauan MSIB INSPIRING  di beberapa daerah di Indonesia yaitu Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah; Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah; dan Kabupaten Tabanan, Bali.

  1. Pemantauan Pelaksanaan Program INSPIRING di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah
    Senin, 13 November 2023 telah dilaksanakan kegiatan pemantauan pelaksanaan program MSIB INSPIRING Angkatan ke 5 Tahun 2023 penempatan di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. Kegiatan ini bertempat di Dinas PUPR Kabupaten Sukoharjo, dihadiri oleh Dr. Ir. Nur Miladan, S.T., M.T. selaku Kaprodi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Sebelas Maret (UNS) sekaligus sebagai Wakil 1 Koordinator ASPI wilayah Jawa Tengah, Hogy Prima Valeda, S.T. selaku Pembimbing dari Dinas PUPR, mahasiswa, dan tim dari DJTR Kementerian ATR/BPN.

    Tim Pemantauan Pelaksanaan Program INSPIRING di Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah. 13 November 2023.

    Berdasarkan hasil kegiatan pemantauan program MSIB INSPIRING di Kabupaten Sukoharjo ini cukup memuaskan dan bermanfaat bagi mahasiswa untuk terjun langsung ke dunia kerja, menambah relasi baru baik dari pihak mentor, stakeholder, dan rekan kerja. Adapun tindak lanjut dari kegiatan ini, bahwa Dinas PUPR Kabupaten Sukoharjo bersedia melanjutkan program INSPIRING Batch VI sebagai salah satu terobosan untuk akselerasi penyusunan RDTR.

  2. Pemantauan Pelaksanaan Program INSPIRING di Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali
    Selasa, 19 Desember 2023 dilaksanakan kegiatan Pemantauan dan Evaluasi Program MSIB INSPIRING angkatan 5 Tahun 2023 penempatan di Kabupaten Tabanan, Bali. Dihadiri oleh Ni GA Diah Ambarwati Kardinal, S.T., M.T. (Bendahara 2 ASPI sekaligus mewakili Prodi S1 Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Hindu Indonesia), Dr. Eng. Putu Edi Yastika, S.Si., M.Eng., M.Si. (Ketua Koordinator ASPI Wilayah Bali dan Nusa Tenggara), I Gede Adnyana, S.T., M.Si., (Kabid Cipta Karya), Ni Gusti Agung Made Widiastari, S.T. (mentor), Tim Kementerian ATR/BPN, dan mahasiswa berasal dari Universitas Hindu Indonesia, Universitas Hasanuddin, Universitas Tadulaku, dan Universitas Indonesia. Antusias mahasiswa dalam mengikuti program INSPIRING di Kabupaten Tabanan mendapatkan respon positif dalam penyusunan RDTR KEP Tanah Lot dan RDTR Kawasan Perkotaan Marga.

    Tim Pemantauan dan Pelaksanaan Program INSPIRING Angkatan ke 5 Tahun 2023 penempatan Kabupaten Tabanan, Bali. 19 Desember 2023.

     

  3. Pemantauan Pelaksanaan Progam INSPIRING di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah
    Kamis – Jumat, 7-8 Desember 2023 Ir. Rahmat Aris Pratomo, S.T., M.T., M.Sc., IPM. selaku Wakil 2 Ketua ASPI, Rahman Hilmy Nugroho, Ikke Febriandhika, dan Togar Kusuma dari Direktorat Jendral Tata Ruang, Kementerian ATR/BPN, dan juga Agus Suwarno selaku dosen pendamping dari IKIP PGRI Pontianak, telah melaksanakan kegiatan Pemantauan Pelaksanaan Program MSIB INSPIRING yang diikuti oleh 5 (lima) mahasiswa yang bertugas di Pulang Pisau, Kalimantan Tengah.
  4. Tim Pemantauan Pelaksanaan Progam INSPIRING di Kabupaten Pulang Pisang, Kalimantan Tengah. 7-8 Desember 2023.

    Dengan dilaksanakannya Program Internship in Spatial Planning for Regional and National Growth (INSPIRING) dalam Magang dan Studi Independen bersertifikat (MSIB) angkatan ke 5 tahun 2023 yang telah dilaksanakan diberbagai kabupaten/kota di Indonesia dapat menjadi terobosan sumber daya manusia untuk membantu percepatan penyusunan Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) berbasis magang kepada mahasiswa di Dinas OPD Pengampu Tata Ruang Kabupaten/Kota, dan juga dapat bermanfaat bagi mahasiswa dalam menyiapkan dan menghasilkan tenaga kerja yang profesional, handal, serta inovatif di dunia kerja.