05 Februari 2024 – Sosialisasi dan Workshop Akreditasi Program Studi ASPI Tahun 2024

05 Februari 2024, Berkaitan dengan adanya perubahan sistem akreditasi program studi yang baru mengacu Permendikbud No.53 tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi, ASPI menyelenggarakan kegiatan: Sosialisasi & Workshop Akreditasi Program Studi berdasarkan Permendikbudristek No. 53 Tahun 2023, kegiatan ini selenggarakan atas kerjasama ASPI dengan Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota, Universitas Islam Bandung (UNISBA) sebagai panitia lokal.

Kegiatan ini dilaksanakan secara bauran (luring dan daring), sebanyak 53 Anggota ASPI hadir secara luring bertempat di Aula UNISBA (Gedung Hj Kartini Kridhoharjoso) Kampus UNISBA Bandung, dan 77 Anggota ASPI hadir secara daring melalui zoom meeting. Narasumber dalam kegiatan workshop akreditasi ini yaitu:

  1. Prof. Dr.rer.nat. Imam Buchori, S.T. – Ketua Majelis Akreditasi BAN PT.
  2. Prof. Dr. Ir. Heru Purboyo, DEA – Asesor BAN PT.
  3. Prof. Dr.sc.agr. Iwan Rudiarto, S.T., M.Sc. – Asesor BAN PT.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Dr. Holi Bina Wijaya (Moderator) – Sekretaris ASPI

Peserta Sosialisasi dan Workshop Program Studi Anggota ASPI hadir secara luring di UNISBA

 

  • [Sesi 1] Sosialisasi Sistem Akreditasi Program Studi mengacu Permendikbud no.53 tahun 2023, oleh Prof. Dr.rer.nat. Imam Buchori, S.T. selaku Ketua Majelis Akreditasi BAN PT. Pada sesi ini, berfokus pada perubahan sistem-sistem akreditasi program studi saat ini, dan sosialisasi mekanisme automasi dalam proses akreditasi bagi perguruan tinggi.

    Pemaparan Materi Oleh Prof. Dr.rer.nat. Imam Buchori

  • [Sesi 2] Diskusi Sistem Akreditasi Program Studi ASPI, oleh Prof. Dr.sc.agr. Iwan Rudiarto, S.T., M.Sc. dan Prof. Dr. Ir. Heru Purboyo, DEA selaku Asesor BAN PT. pada kesempatan ini Prof. Iwan Rudiarto menyampaikan Pemahaman terkait reakreditasi dan road map rencana ke depan ASPI untuk mewujudkan LAM PWK.

    Diskusi Akreditasi Program Studi ASPI oleh Prof. Dr. Iwan Rudiarto

Harapannya Sosialisasi dan Diskusi Akreditasi Program Studi Anggota ASPI dapat mendorong sekolah perencanaan di Indonesia untuk mengembakan pendidikan perencanaan yang lebih baik.