6 Februari 2024 – Penutupan Program INSPIRING Batch V Tahun 2023 dan Pembukaan INSPIRING Batch VI Tahun 2024

06 Februari 2024, Sekretariat Direktorat Jenderal Tata Ruang (DJTR), Kementerian ATR/BPN telah melaksanakan Penutupan Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Batch V dan membuka Batch VI Internship in Spatial Planning for Regional and National Growth (INSPIRING) yang diselenggarakan di Kantor Wali Kota Bogor. Dalam kesempatan ini, Asosiasi Sekolah Perencanaan Indonesia (ASPI) turut hadir sebagai perwakilan akademisi yang diwakilkan oleh Dr. Holi Bina Wijaya, S.T., MUM. selaku Sekretaris Umum ASPI.

Dokumentasi Kegiatan Penutupan Program INSPIRING Batch V tahun 2023 dan Pembukaan INSPIRING Batch VI Tahun 2024 (06/02/2024)

Pelaksnaan INSPIRING Batch V telah dilaksanakan pada tahun 2023, program ini berjalan di 20 Provinsi yang mencakup 41 Kabupaten/Kota yang menghasilkan 76 RDTR, keterlibatan mahasiswa yang turut mengikuti program ini sebanyak 247 Mahasiswa dari Rumpun Perencanaan Wilayah dan Kota, Rumpun Geografi, dan Mahasiswa Rumpun Lainnya.

Pada Pembukaan Program INSPIRING Batch VI disampaikan bahwa pada Batch VI dilaksanakan di 22 Provinsi yang mencakup 74 Kabupaten/Kota yang diikuti oleh 235 mahasiswa rumpun PWK, 171 rumpun Geografi, dan 22 Rumpun Lainnya yang akan membantu penyusunan 130 RDTR. Pelaksanaan program INSPIRING sejak tahun 2024 hingga memasuki batch VI, terus mendapatkan respon positif dari berbagai mentor dari tim penyusunan RDTR dari Dinas OPD.

Lebih lanjut, apresisasi yang diberikan salah satu Mentor menyampaikan “Alhamdulillah RDTR Kawasan Kota Perbatasan Sekitar Bandara Internasional Yogyakarta yang telah disupport rekan-rekan MSIB Batch II dan Batch III INSPIRING sudah ditetapkan menjadi Peraturan Bupati Kabupaten Purworejo nomor 106 tahun 2023 pada Desember lalu. Terima kasih Tim MSIB Inspiring. ” Renni Nur Hayati (Mentor Dinas PUPR Kabupaten Purworejo)

Foto bersama Peserta Program INSPIRING dan pemangku kepentingan terkait yang terlibat dalam pelaksanaan INSPIRING batch V dan batch VI.