11 November – 13 Desember 2019, Pelaksanaan Diklat Penyusunan RDTR Tingkat Menengah

11 November – 13 Desember 2019

Dalam rangka kerjasama ASPI dengan Kementerian ATR/BPN, perwakilan staf pengajar dari lingkungan program studi anggota ASPI telah mengikuti Diklat Penyusunan RDTR tingkat menengah pada tanggal 11 November sampai dengan 13 Desember 2019. Pembelajaran dilakukan secara e-learning pada bulan November dan tatap muka pada tanggal 3-13 Desember 2019 di Kampus Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia – PPSDM Kementerian ATR/BPN, Cikeas Bogor.

Peserta Diklat Penyusunan RDTR Tingkat Menengah bersama Ketua ASPI dan Kepala PPSDM Kementerian ATR/BPN dalam acara penutupan Diklat. Cikeas, Bogor, 13 Desember 2019.

Peserta yang mengikuti Diklat Penyusunan RDTR tingkat menengah ini adalah peserta dari Kementerian ATR/BPN dan ASPI yang telah mengikuti program Diklat penyusunan RDTR tingkat dasar yang telah dilakukan sebelumnya pada bulan Oktober 2019. Distribusi Peserta ASPI yang mengikuti kegiatan Diklat ini merata dari seluruh Wilayah ASPI yaitu Sumatera 1, Sumatera 2, Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY, Jawa Timur, Bali dan Lombok, Sulawesi dan Papua, serta Kalimantan.

Suasana diskusi di kelas pembelajaran Diklat Penyusunan RDTR tingkat menengah. Cikeas, Bogor, 3-13 Desember 2019.

Apabila pelaksanaan Diklat Penyusunan RDTR tingkat dasar dilakukan sepenuhnya dengan e-learning, maka pada Diklat Penyusunan RDTR tingkat menengah pembelajaran dilakukan secara blended learning antara e-learning dan tatap muka. Hal ini dilakukan dalam rangka mencapai kompetensi peserta hasil pembelajaran yang tidak hanya memahami materi secara kognitif, namun juga memiliki kompetensi psikomotorik dan afektif yang mampu melakukan penyusunan RDTR secara baik.

Peserta mengikuti ujian kompetensi e-learning secara online. Cikeas, Bogor, 13 Desember 2019.

Adapun materi yang disampaikan dalam Diklat penyusunan RDTR ini mengacu pada Peraturan Menteri ATR/BPN no.16 tahun 2018 tentang penyusunan RDTR dan Peraturan Zonasi. Materi ini meliputi keterkaitan RDTR dan RTRW, analisis, perumusan konsep, dan legal drafting Rencana Detil Tata Ruang dan Peraturan Zonasi.

Peserta perwakilan seluruh Wilayah ASPI mengikuti Diklat Penyusunan RDTR di Kampus PPSDM Kementerian ATR/BPN. Cikeas, Bogor. 03-13 Desember 2019.

Dalam waktu mendatang, direncanakan kegiatan Diklat Tata Ruang ini akan dilakukan dengan program dan cakupan yang lebih luas. Diharapkan lulusan Diklat Penyusunan RDTR tingkat menengah ini selanjutnya dapat memanfaatkan ilmu dan kompetensi yang telah didapat untuk mendukung program pembangunan dan percepatan Penyelenggaraan Penataan Ruang di tingkat Nasional dan Daerah.

Peserta ASPI di Kampus PPSDM Cikeas, Bogor, mendapat kunjungan dari Ketua ASPI Wilayah Jabodetabek. Cikeas, Bogor, 6 Desember 2019.